Pekerjaan yang aneh bukan,seorang geofisika eksplorasi? saya merasa demikian,geofisika ini aneh dan asing di telinga masyarakat.



Mengapa bisa ? ternyata setelah sedikit mempelajari ilmu geofisika saya menegerti mengapa praktisi geofisika jarang kita temui disekitar kita. Mari kita lihat beerapa alasanya :

1. Menghindari noise
Data geofisika adalah data parameter parameter fisika, pada daerah daerah yang padat dengn pemukiman penduduk umumnya terdapat banayk sekali noise.

Apa itu Noise?
Noise adalah gangguan/ bising

Contoh dari noise tersebut ada banyak, dapat berupa getaran, jaringan listrik, beton, besi dan benda magnetis ( pondasi, tiang listrik, kendaraan). Noise terbut sangat mengganggu keakuratan dari data geofisika yang diambil. Contoh pengambilan data magnetik di daerah perkotaan sangat di hindari dikarenakan alat magnetik sangat sensitif terhadap benda magnetis. Sedangkan jika kita lihat banyak sekali kendaraan ( besi) berlalu lalang di perkotaan, Kemudian jaringan listrik seperti tiang listrik dan kabel nya. Namun pada kasus tertentu pengambilan data juga bisa dilakukan di daerah perkotaan namun dengan konsekuensi tersebut.

2. Dapat menimbulkan konflik sosial
Tdak semua orang mengerti dengan ilmu geofisika, ada warga yang baik ada warga yang seperti preman di suatu daerah yang dapat menimbulkan konflik ketika pengukuran dilakukan.
Contoh akusisi data seismik, sobat mungkin sudah tahu kalau dalam akauisi seismik khususnya seismik refleksi digunakan sumber getaran berupa dinamit. Getaran dari dinamit ini dapat dirasakan sampai radius km. Coba bayangkan apabila survei ini dilakuakn disekitar pemukiman warga, tentunya akan di protes oleh warga dengan erbagai alasan. Alasan ilmiah tetap akan kalah dengan alasan warga :(

Kasus lain yg pernah penulis alami adalah kabel geolistrik yang dipotong. Nah ceritanya adalah survei geolistrik, sobat tentu sudah mengerti dengan yang namanya survei geolistrik bukan. yah survei ini menurut penulis golongkan sebagai survei yang relatif damai damai saja. Namun ketika kabel dibentangkan melewati wilayah wilayah disekitar pemukiman warga, ada saja warga yang iseng memotong kabel. Usut punya usut ternyata tim geofisika dikira survei tanah, warga curiga tanah mereka akan di jual atau apakan. 

3. Wilayah kerjanya jauh dari pemukiman
yang ini sobat pasti sudah tahu, survei geofisika memang ga lihat tempat, dimana lokasi yang bagus menurut gofisikawan belum tentu ramai dengan kehidupan. Jadi di daerah yang frontier geofisikawan yang akan membuat kehiduan sendiri disana dan akan menjadi tempat kehidupan baru. Sebagai contoh survei geomagnetik di tengah hutan, bisa jadi jalan yang mas mas geofisikawan lewati di tengah hitan itu akan menjadi jalan umum di masa depan. dikarenakan daerah tersebut memang benar benar kosong dari peradaban, dan jika sobat misal lokasi dengan warga sekitar kemungkinan warga juga berkomantar 

Helper : "saya juga baru pertama kali masuk daerah sini pak.."
Geofisika : :

4. Bekerja di laboratorium
Sepulang mereka dari bekerja di daerah terpencil, kemungkinan mereka akan kembali kantor. Atau bagi yang memang passioanate dengan lapangan akan kembali kelapangan lagi. Namun yang kemudian kembali ke kantor para geofisikawan tersebut kemudian mengunci diri di dalam kantor/lab mengerjakan data data mereka. Kenapa dikatakan Lab9 Laboratorium) karena yang dikerjakan oleh para geofisikawan ini adalah sesuatu yang ilmiah sesuai kaidah ilmiah. Kesempatan bertemu dengan warga masyarakat pun jarang, dan jangan pernah membicarakan pekerjaan dengan tetangga atau warga karena dijamin tidak akan nyambung.

5. Jarang berhubungan dengan bidang sosial praktis
Kegiatan geofisikawan jarang berhubungan dengan kegiatan sosial praktis. Meskipun ada juga seperti contoh ekplorasi air tanah untuk air minum, atau studi gempa dan ketebalan tanah. Namun secara umum jarang sekali berhubungan dengan bidang sosial. meskipun juga demikan dipekerjaan yang lain. Namun ini juga merupakan salah satu faktor mengapa ilmu geofisika jarang dikenal oleh masyarakat dikarenakan jarang di gunakan oleh masyarakat langsung. Beberapa tahun sekali kemungkinan ketika terjadi bencana atau kekeringan di baru akan booming, tapi itupun masyarakat akan bertanyanya paa geologiwan :(. 

beberapa hal yang menyebabkan geofisika kurang di kenal di masyarakat walaupun sebenarnya geofisika itu ada + bonus memang geofisika baru juga ada di Indonesia, jadi wajar aja kalau kurang dikenal. Namun bagi sobat yang pasionate dengan geofisika dan suka dengan pola kerja demikian, suka berpetualang menjadi maka menjadi geofisikawan traveling :0,  ya itulah fakt fakta mengapa geofisika khususnya eksplorasi kurang dikenal di masyarakat pada umumnya.(yap)
 
Top