Akusisi adalah istilah umum bisa dalam perusahaan, perbankan, saham keuangan. Di geofisika ada istilah akuisisi, namun beda ya gan dengan yang ada di dunia keuangan. Kalau di geofisika akusisi itu adalah nama lain dari pengambilan data. Merupakan serapan kata dari kata acquisition /acquiring yang berarti sama. Akuisisi dalam dunia geofisika biasanya digunakan alat. Alatnya macam macam tergantung dari metodenya.

1. Akusisi data geolistrik
Akusisi data geolistrik menggunakan elektroda untuk memancarkan dan menerima arus listrik. Akusisi geolistrik dilakuakn dalam satu tim geolistrik. Peralatan geolistrik berpengaruh terhadap jumlah personil dalam satu tm dan cara kerja survei. 

Gambar dari google. Contoh alat geolistrik Syscal 
Peralatan syscal cara akuisisinya dilakukan oleh operator alat dan operator elektroda. Operator alat bertanggung jawab atas kualitas pengambilan data, operator elektroda bertanggung jawab memindahkan elektroda. survei metode geolistrik bisa dilakukan minimal oleh 3 orang  

Gambar dari Google. Akuisisi Operator geolistrik dan operator elektroda


2. Akusisi Geomagnetik
Akusisi data geomagnetik dapat dilakuakan darat, laut dan udara tergantung kebutuhan. untuk survei detil digunakan survei darat untuk survei regional digunakan survei udara ( dan marine jika berada dilautan). Survei geomagnetik dilakukan minimal menggunakan 2 alat dimana satu alat digunakan untuk pengambilan data dan satu alat digunakan untuk mengkoreksi variasi harian.

Gambar dari edcon-prj. geomagnetic aqcuisition marine

Gambar dari clu-in. Akusisi geomagnetik darat

Gambar dari Geometrics.  Akusisi data base untuk koreksi variasi harian

Gambar dari earthquake.usgs.  Aeromagnetic sensor magnetik terletak pada bagian kiri, kanan sayap dan bagian belakang ekor pesawat

3. Akusisi data Elektromagnetik
Akusisi data elektromagnetik atau yang lebih sering dikenal sebagai EM beragam caranya. Banyak metode EM tergantung pada frekuensi EM yang digunakan contoh metode EM.

a.  AMT ( Audio Magnetolluric) menggunakan frekuensi   10 kHz sampai 0.1 Hz
b. MT (Magnetoteluric) menggunakan frekuensi  400 Hz sampai 0.0000129 Hz
c. CSAMT ( Control Source Audio Magnetotelluric) menggunakan frekuensi 0.1 Hz sampai 10kHz namun bedanya sumber gan, CS Control Source berarti sumber EM buatan menggunakan generator.
Perbedaan frekuensi data mempengaruhi kedalaman target >>bersambung

 
Top