Ini adalah alat yang dimasukan kedalam sumur

gambarnya dari blog geohazard009. Yang sebelah kiri itu alat dan skala orang, tengah itu gambaran masukin alat kedalam sumur yang sudah di bor, dan yang kanan adalah hasil rekaman alat.

Agan : alat apa itu gan?
Ane : itu namanya alat well logging gan
Alat well logging digunakan untuk mendeteksi sifat sifat di dalam bumi  jadi manusia gak usah masuk kedalam bumi, digantiin sama alat ini aja ya gan :))

Apa yang di deteksi dari alat ini ane paparkan sedikit :

1. Densitas Batuan
Gambarnya dari ensiklopediaseismik. Angka 1,6 -3.0 itu satuannya gr/cc gan, itu salah satu satuan densitas yang umum dipakai. Tiap batuan punya range densitas yang berbeda beda.

Densitas batuan itu kerapatan massa batuan, berapa (berat / volume) batuan. Tiap batuan berbeda-beda beratnya ada yang ringan ada yang berat. Ini membantu dalam kalkulasi dan interpretasi untuk menentukan jenis litologi batuan.

2. Porositas
Porositas itu banyak sedikitnya pori pori di dalam batuan.
Gambarnya dari Kaskus. Pori pori kecil dalam batuan
Agan : Emang batuan ada porinya ya gan?
Ane  : ada gan, sebagian
contoh batuan yang berpori adalah batupasir dan batu karbonat
Agan :kalau batuan kristalin kayak batuan gunung api, ada ga gan?
Ane  : Mungkin ada
3. Kandungan Fluida (Cairan)
Gambarnya dari slideshare. ilustrasi didalam pori pori batuan terdapat kandungan fluida ditunjukan warna biru muda.

Kandungan Fluida atau cairan, di dalam batuan terdapat fluidanya gan bisa berupa air, hidrokarbon/minyak mentah bisa juga gas. 

4. Permiabilitas
Gambarnya dari blog geomore. Gambar itu menunjukan kecepatan aliran fluida ditunjukan dalam skala warna pelangi. warna merah menunjukan permiabilitas yang tinggi warna biru menunjukan permiabilitas yang rendah, dan warna hitam menunjukan tidak ada permiabilitas.

Permiabilitas itu banyak di pakai dalam istiah fisika contohnya bisa permiabilitas medan magnet. Namun pada well logging permiabilitasnya adalah kemampuan batuan dalam mengalirkan fluida. ini sangat berguna untuk evaluasi fluida hidrokarbon berapa besar dia bisa ngalir perhari sama dengang jumlah minyak yang dapat diperoleh tiap hari ( di koreksi dengan faktor tertentu).

5 Saturasi

Gambarnya dari Slideshare. Warna hijau bulat menunjukan butiran batuan, warna merah menunjukan minyak, warna hijau diluar bulat menunjukan air, dan warna biru menunjukan gas.

Saturasi adalah derajat kepekatan. Kalau dalam industri migas biasanya disebut saturasi air (Sw) , ada yang di sebut saturasi gas (Sg), ada yang di sebut saturasi minyak (So). Nah kepekatan fluida ini bagi orang yang bekerja di industri migas senang jika Saturasi minyaknya tinggi. Namun lambat laun karena diproduski terus menerus makan kadar saturasi minyaknya akan menurun di gantikan dengan saturasi Air.

6.Litologi ( Jenis Batuan)
Gambarnya dari blog funwithteachingrocks. Sample beberapa jenis batuan metamorf secara fisik memiliki berbedaan

Jenis batuan bisa dideteksi dari alat well logging ini namun setelah melewati proses yag di sebut evaluasi formasi. Jadi dihitung dulu gan baru nanti diprediksi apa jenis batuannya, cara menghitungnya dengan mengkombinasi beberapa respon alat logging menggunakan rumus petrofisika. Hasilnya umumnya fix sesuai dengan kondisi batuan dibawah permukaan dikarenakan rumus petrofisika memang sudah terbukti manjur untuk urusan well logging.
Agan : Itu aja gan, ?
Ane : gak gan , masih ada banyak lagi itu cuma sebagian dan hanya kulitnya saja, selebihnya tanya dengan yang advance ya gan :)
 (yda)


 
Top