Apa persaman geofisika eksplorasi dan penejelajah luar angkasa NASA?
1. Sama sama mempelajari tentang planet
2. Sama sama mempelajari geofisika



Menjadi seorang geofisikawan sobat seolah olah menjadi anggota NASA (tak resmi). Bedanya NASA asli punya wahana namanya curiuousity(robot penjelajah ) kalau sobat modalnya curious aja (penasaran doang) :0. Nasa punya misi kemanusiaan klaimnya yakni untuk ilmu pengetahuan. Biaya penelitian NASA tidaklah sedikit, tapi asilnya sobat jadi bisa tahu foto-foto keren luar angkasa bukan. Namun misi NASA bukan hanya untuk foto-foto doang lho sobat. Pernahkah sobat bertanya tentang alat alat yang digunakan oleh astronot untuk penjelajahan luar angkasa. Beberapa adalah Ilmu tentang roket, kamera super, material super, lampu super efisien, baterai super, panel surya dan banyak peralatan berteknologi canggih dari penelitian NASA. Belum lagi dengan ilmu pengetahuaannya banyak kan sobat, ilmu planet dan bintang galaxy. Akhirnya kita jadi tahu bagaimana alam semesta bekerja dan memuaskan pertanyaan kita tentang alam semesta.
Lalu gimana penelitian geofisika? Apa manfaatnya? Ada ga ya?
Manfaat dari penelitian geofisika adalah untuk kemanusiaan juga lo sobat. Geofisikawan adalah juga penjelajah luar angkasa minor, ke luar angkasanya kapan-kapan aja ya sobat. Jelajahnya ke planet bumi aja ya. Peralatan yang dihasilkan dari ilmu geofisika juga banyak lo sobat kayak NASA. Ada alat alat gravitasi, alat magnetik, alat perekam seismik, alat elektromagnet, alat radioaktif, alat geolistrik dan lain lainnya.
Masa alat doang ?"
Ya gak cuma alat dong, pernahkan sobat baca berita-berita di media, atau baca-baca statistik, pengetahuan finansial dan tempat manusia-manusia curhat lainnya, tentang banyak problem. Nah beberapa problematika dunia itu ada di pundak geofisikawan loh sobat .
Apa sih itu problemnya ?
Meskipun ada banyak lagi tapi ini beberapa yang dapat di pecahkan oleh geofisikawan :
A. Kita butuh sumber energi stabil untuk menghidupi sebuah negara
B. Energi fosil susah di temukan biaya mahal tapi permintaan tetap banyak gimana carinya ?
C. Kadar CO2 banyak banget di atmosfer, apa ga ada energi alternatif?
D. Industri kita ga berkembang berkembang energi mahal, yang murah ramah lingkungan?
E. Bahan tambang kalau ada buat pembangunan..
F. Dll.
Sekarang sobat jawab ya bagaimana solusinya. Solusinya yang pertama adalah sabar ๐Ÿ˜€ tapi ga menyelesaikan masalah. Solusi sebenrnya adalah di cari sumber sumber itu ya sobat, kalau habis ya di cari lagi. Kalau belum ketemu dicari sampai ketemu. Di permukaan maupun di bawah permukaan.
Yang dipermukaan udah habis di bagi untuk orang sedunia, tinggal yang di dalem
Jadi untuk memenuhi sumber sumber daya yang manusia butuhkan sekarang mau tidak mau kita harus menjelajah lebih dalam lagi ke bawah permukaan. Karena disana masih banyak cadangan maupun potensi yang bisa dimanfaatlan untuk kesejahteraan umat manusia.
Yah tinggal kirim aja astronot geofisika menjelajah ke dalam bumi. (yda)
 
Top