Elektromagnetism story Bag.2 End

Setelah mbah faraday jadi assisten lab, akhirnya di banyak belajar disana banyak benda benda aneh yang jarang di temuinya di rumah peralatan lab dan buku buku literatur yang banyak sekali mengundang rasa penasarannya. Hal yang pertama buat mbah faraday penasaran waktu itu adalah mengenai electricity, pada waktu itu pas lagi percobaan listrik punya effect terhadap magnetik 
(belum ada hukumnya faraday, maxwell masih kecil) orang orang satu lab itu bingung kenapa kok ada aliran listrik ngalir di sebuah kawat , medan magnet berubah searah tegak lurus dengan kawat , kok tidak searah..
Michael Faraday 1791 - 1867

Orang orang satu lab bingung semua termsuk davy dan asisten lainya. Karena mereka sekolah, pada waktu itu university cambridge adalah universitas yang paling bergengsi , punya bahan ajar dan inventory mereka yang menyatakan bahwa di dalam aliran listrik listrik ada muatan yang mengalir searah dengan kawat. Jadi para ilmuwan yang sekolah bingung kok medan magnetnya tegak lurus. Ini kok ga kayak di cambrid..??

Kecuali faraday yang pada waktu itu memang not educated banget, tahu sih tapi ga percaya banget dengan yang di cambrid. Mbah faraday bilang bahwa memang aliran listik menimbulkan gaya magnet yang tegak lurus, tapi di tolak sama asisten lainya dan mustahil. . 

Asisten lain : yang di ajarn di kampus ga gitu bro
Faraday : ane ga kuliah , jadi bisa aja gitu.. hehehe
hari berlanjut hari demi hari, faraday masih bingung dengan listrik dan magnetik effect, akhirnya pada suatu hari dia buat kawat di aliri listrik dan menggunkan banyak kompas di sekelilingnya, dan mulailah dia menggambarkan magnetik effect dari kawat tsb. 
Sambill berpikir dia menulis, dan berpikir lagi, perjalanan yang rumit dalam memahami listrik,
Hari berlanjut, masih tentang listrik dan magnetik faraday membuat sebuah penemuan yang dari teori yang di percayanya tadi, sebuah motor prototipe motor listrik..
Kayak apa ya?

Pokoknya dia bisa membuat gerakan kinetik putaran menggunakan arus listrik dengan memanfaatkan magnet. dengan hukum elektrik – magnetik nya faraday.

Lalu mbah faraday nulis di paper, hasil penemuannya itu dan efeknya :

1. Mbah faraday jadi terkenal
2. Mbah faraday jadi kontroversial
3. Mbah Davy jadi galau

Mbah davy sempat galau, pada saat itu mbah davy menjabat sebagai headnya royal society, kumpulan saintis level hero pada waktu itu. Jadi berasa kayak di tikung oleh faraday alias asistennya sendiri. Mbah davy sempat juga, minta supaya papernya faraday itu di buang aja. Tapi mbah faraday tetep ga mau. Pada waktu itu juga, muncul rumor bahwa faraday mencuri penemuannya mbah davy,  saking terkenalnya mbah davy ada fansnya yang ga terima. Tapi akhirnya waktu membuktikan bahwa itu tidak benar.

Singkat cerita waktu berlanjut dan pada waktu berikutnya dan dihari hari berikutnya, Mbah faraday karena populernya di vote oleh para ilmuwan pada saat itu menjadi Headnya Royal society, dan mbah davy turun jabatan dan semakin galau.

End --


Akhirnya hubungan antara elekrik dan magnetik terpecahkan, dan era dari mbah faraday merupakan awal dari dari perkembanga era EM ( elektromagnetik) hingga era saat ini era smartphone agan era satelit era kosmolog dan lain lainnya dan hampir menuju era fisika modern...

era MT, CSAMT, AMT juga bro. . . 

alat apakah ini ?. . .
 
Top